Thursday 27 December 2018

Pot Anggrek - Asli Versus Buatan Dan Cara Merawat Mereka


Dikenal karena mekarnya yang eksotis dan menakjubkan, anggrek pot menjadi tambahan yang populer di banyak rumah tangga. Dengan sedikit pengetahuan dan perawatan, mereka dapat tumbuh dan berkembang di rumah mana pun.

Cara Merawat Anggrek Segar

Orang-orang yang baru merawat anggrek terkejut mengetahui bahwa mereka tidak ditanam di tanah seperti kebanyakan tanaman hias. Di habitat aslinya, anggrek tumbuh subur dengan menempelkan akarnya ke pohon dan cabang, menerima sebagian besar nutrisi mereka dari udara. Oleh karena itu, akar anggrek dalam pot membutuhkan tanah aerasi yang lebih ringan: pilih bahan-bahan seperti batu alam kecil, lumut alami, atau campuran kulit pohon dan serpihan kayu agar akar dapat bernafas.

Dengan lebih dari 30.000 spesies dan bahkan lebih banyak hibrida, adalah bijaksana untuk memilih anggrek yang tahan iklim rumah Anda. Tiga dari anggrek yang paling umum di pasaran adalah Phalaenopsis, Dendrobium dan Cymbidium. Masing-masing varietas membutuhkan jumlah kelembaban, kelembaban, dan jumlah cahaya tertentu, tetapi masing-masing varietas itu baik di sebagian besar rumah.

Anggrek Segar Phalaenopsis


  • Membutuhkan cahaya yang lebih rendah, tumbuh paling baik di jendela timur atau di jendela selatan yang teduh.
  • Berusaha keras untuk daun hijau zaitun. Daun gelap berarti tanaman tidak mendapatkan cukup cahaya.
  • Kisaran suhu ideal adalah 15 hingga 30 derajat Celcius.
  • Phalaenopsis lebih memilih kisaran kelembaban 40-70 persen.
  • Sirami setiap 7-10 hari atau saat top of medium kering.

Dendrobium


  • Membutuhkan banyak cahaya, tetapi tidak ada sinar matahari langsung.
  • Terlalu banyak cahaya akan menyebabkan daun menjadi kuning. Daun gelap berarti tanaman tidak mendapatkan cukup cahaya.
  • Suhu ideal berkisar antara 10 hingga 30 derajat Celcius.
  • Dendrobium lebih suka kisaran kelembaban 50-60 persen.
  • Hanya air saat media pot sudah menjadi kering. Mungkin dua kali seminggu di musim panas tetapi hanya dua minggu di musim dingin.

Cymbidium


  • Membutuhkan banyak cahaya, tetapi tidak ada sinar matahari langsung.
  • Terlalu banyak cahaya akan menyebabkan daun menjadi kuning. Daun gelap berarti tanaman berada dalam naungan yang terlalu banyak.
  • Suhu ideal berkisar antara 10 hingga 30 derajat Celcius.
  • Cymbidium lebih memilih kisaran kelembaban 40-60 persen.
  • Hanya air saat media pot sudah menjadi kering. Mungkin dua kali seminggu di musim panas tetapi hanya dua minggu di musim dingin.

Aksesori dan Kiat yang Bermanfaat

Disarankan untuk menggunakan pupuk anggrek yang telah diencerkan cukup untuk digunakan setiap minggu. Anda harus menyiram anggrek sebulan sekali untuk membersihkan media pot dari akumulasi garam sebelum memperbaikinya di tanah yang diangin-anginkan.

Jika Anda tidak memiliki cukup sinar matahari di rumah Anda, pencahayaan fluorescent sangat membantu. Anda dapat menempatkan lampu neon spektrum penuh 25-50 sentimeter di atas anggrek pot selama 15-16 jam sehari. Pastikan anggrek mendapatkan panas yang cukup, terutama di musim dingin, sesuai dengan varietasnya.

Sebagian besar anggrek dalam pot berbunga setahun sekali, tetapi beberapa anggrek dapat berbunga beberapa kali dalam setahun atau sekali dalam beberapa tahun. Ketika bunga anggrek selesai, gunting kebun adalah cara yang bagus untuk menjaga tanaman Anda tetap sehat. Gunting kebun biasanya jauh lebih tajam daripada gunting dan menawarkan potongan yang lebih bersih. Pangkas lonjakan ke tingkat daun setelah anggrek berhenti berbunga untuk memastikan mekar baru selama musim mekar berikutnya. Lanjutkan pembuahan dan penyiraman.

Anggrek Buatan

Teknologi telah membuat kemajuan yang signifikan selama bertahun-tahun, khususnya dalam hal menciptakan bunga buatan. Bunga buatan hari ini terlihat dan terasa sangat alami bahkan anggrek buatan pun seindah yang asli! Anda dapat memilih spesies atau warna yang Anda sukai tanpa harus khawatir tentang instruksi perawatan khusus. Mereka dapat datang pra-diatur sebagai anggrek pot, atau Anda dapat membeli batang anggrek tunggal untuk mengatur diri Anda untuk tampilan yang disesuaikan. Plus, bunga anggrek buatan sepanjang tahun dan perawatannya mudah — cukup bersihkan debu dengan kain lembab. Tamu rumah Anda bahkan tidak akan tahu bedanya!

No comments:

Post a Comment